Skip to main content

Momentum Idul Fitri atau lebaran merupakan moment yang sangat dinantikan. Tidak terkecuali oleh karyawan, karena pada waktu tersebut merupakan libur panjang yang banyak digunakan untuk liburan. Hampir semua sektor industri memberikan libur kepada karyawan. Kegiatan sekolahpun juga libur sehingga banyak yang menggunakan momen tersebut untuk pulang kampung bersama keluarga.

Namun berbeda dengan tahun 2021 ini. Dengan kondisi yang kurang lebih sama dengan tahun 2020 lalu yaitu masih berjuang untuk menghadapi pandemic Covid-19.

Dampaknya yaitu libur atau cuti bersama tahun ini dikurangi, ditambah adanya larangan mudik dari pemerintah sehingga sebagian orang memutuskan untuk tidak mudik ke kampung halaman.

Meski begitu semua pekerja berharap Tunjangan Hari Raya (THR) tahun ini dibayar penuh dan tepat waktu. Dengan begitu orang-orang yang mendapat THR dapat memanfaatkan sebaik mungkin.

Berikut tips agar Tunjangan Hari Raya (THR) jadi lebih bermanfaat:

1. Penuhi Kewajiban (hutang) terlebih dahulu

Hutang merupakan salah satu beban/kewajiban yang harus segera di lunasi agar kesetabilan keuangan jauh lebih baik. Dengan mendapat THR maka penting untuk segera melunasi kewajiban tersebut. Jangan sampai THR justru digunakan untuk hal yang kurang bermanfaat, yang justru hanya akan menambah permasalahan baru. Menghamburkan uang THR hanya akan membuat kamu menyesal nantinya.

Baca Juga  Tipe-tipe Kepribadian dalam Mengelola Keuangan

2. Memberikan pada orang tua

Orang tua kita memiliki hak katas apapun yang kita miliki. Termasuk harta kita bahwkan jiwa kita. Sehingga sangat dianjurkan untuk tetap memberikan sebagian Tunjangan Hari Raya (THR) yang kita dapatkan dari tempat bekerja. Meskipun kewajiban memberi pada orang tua ini tidak hanya pada momen idul fitri, akan tetapi pada momen ini juga sangat baik untuk tetap berbakti.

3. Berbagi pada sesama

Momen idul fitri bukan waktu untuk berfoya-foya, justru kamu harus banyak membantu orang-orang di sekitar. Terlebih dalam kondisi pandemi seperti saat ini, banyak orang yang membutuhkan bantuan dan uluran tangan dari orang lain.
Banyak orang yang kehilangan pekerjaan sehingga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masih saja tidak cukup. Momen idul fitri menjadikan waktu paling tepat untuk bisa berbagi pada sesama. Bukan dari seberapa besar bantuan yang kamu berikan, akan tetapi sebarapa ikhlas dan tulus bantuan yang kamu berikan. Dengan memberikan bantuan pada orang di sekitar menjadi tanda bahwa kamu termasuk orang yang bersyukur atas nikmat harta yang Allah berikan.

4. Investasi

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa investasi merupakan sesuatu yang penting saat ini. Bagaimana tidak, kebutuhan biaya setiap tahun selalu meningkat. Mulai dari biaya listrik yang terus meningkat, juga biaya biaya Pendidikan anak yang juga terus meningkat. Jika tidak investasi dari sekarang, kamu akan kesulitan mengahadapi peningkatkan biaya yang terjadi setiap tahunnya.

Baca Juga  Tips Menabung Seminggu Sekali, Agar Konsisten

Oleh karena itu, saat mendapat Tunjangan Hari Raya (THR) pastikan kamu sudah menyisihkan bagian untuk tambahan investasi. Untuk jenis istrumen investasi yang perlu dipilih ada baiknya kamu mempelajari terlebih dahulu dari masing-masing instrument, agar dapat memustuskan instrument mana yang tepat untuk kebutuhan dan kemampuan dana yang kamu miliki.

5. Menambah Dana Darurat

Saat mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) tetap sisihkan sebagian untuk menambah dana darurat. Seperti yang kamu tahu bahwa dana darurat salah satu pos penting dalam alokasi keuangan. Hal itu karena dengan dana darurat kamu mempunyai saldo dana yang dapat kamu ambil kapanpun kamu butuhkan.

6. Sisihkan untuk keperluan liburan

Meski tidak banyak tetap usahakan menyisihkan untuk budget liburan Ketika mendapat Tunjangan Hari Raya (THR). Bagaimanapun juga kamu membutuhkan waktu untuk memberikan apresiasi terhadap dirimu sendiri yaitu salah satunya dengan liburan. Dengan liburn diharapkan kamu jadi lebih fresh dan lebih semangat ketika masuk kerja kembali.

Leave a Reply