Asuransi Jiwa Syariah Di Indonesia

By July 28, 2020 Keuangan
asauransi jiwa syariah

Islam merupakan Agama dengan pemeluk terbesar di Indonesia. Hadirnya Islam membawa sistem yang menyeluruh dalam kehidupan manusia.

Islam tidak hanya mengatur dalam hal Ibadah tetapi juga dalam hal Muamalah.

Salah satu perkembangan besar yang ditunjukan dalam hal Muamalah adalah tumbuh kembangnya perusahaan-perusahaan dalam sektor keuangan syariah. Lebih khusus kita sebutkan perkembangan asuransi jiwa syariah yang saat ini mulai besar di Indonesia.

Dengan kondisi masyarakat mayoritas Muslim, seharusnya perkembangan lembaga keuangan syariah pada umumnya dan asuransi jiwa syariah pada khususnya diharapkan dapat menjadi faktor pertumbuhan bagi ekonomi masyarakat.

Asuransi jiwa syariah mulai bermunculan, baik yang murni syariah, unit syariah atau bahkan produk syariahnya saja.
Terlepas dari kriteria tersebut pada kesempatan ini kita bahas perkembangan asuransi jiwa syariah (full syariah).
Sampai dengan tahun 2020 jumlah asuransi jiwa syariah yang full syariah ada 7 perusahaan, yaitu:

  • Asuransi Takaful keluarga
  • Asuransi Amanah Githa
  • Asuransi AL Amin
  • Asuransi JMA Syariah
  • Capital Life Syariah
  • Asuransi Bumiputera Syariah
  • Asuransi Syariah Keluarga Indonesia

1. Takaful keluarga

Takaful Keluarga adalah pelopor perusahaan asuransi jiwa syariah di Indonesia. Mulai beroperasi sejak tahun 1994, Takaful Keluarga mengembangkan berbagai produk untuk memenuhi kebutuhan berasuransi sesuai syariah meliputi perlindungan jiwa, perlindungan kesehatan, perencanaan pendidikan anak, perencanaan hari tua, serta menjadi rekan dalam perencanaan investasi.

Takaful Keluarga berkomitmen untuk terus memperkuat dan memperluas jaringan layanan di seluruh Indonesia. Peningkatan dan pembaharuan sistem teknologi informasi terus diupayakan demi memberikan pelayanan prima kepada peserta.

2. Amanah Githa

PT Asuransi Jiwa Syariah Amanahjiwa Giri Artha (Amanah Githa) adalah perusahaan asuransi yang didirikan pada tanggal 24 September 2012 di Jakarta oleh Dana Pensiun Perhutani dan PT Arga Cipta Grande (ESQ 165). Pendirian Asuransi Jiwa Syariah Terbaik di Indonesia ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para stakeholdersnya dan masyarakat pada umumnya.

Baca Juga  Imbal Hasil Unitlink Menyalip IHSG

Amanah Githa menjalankan proses bisnisnya dengan prinsip syariah yang disertai dengan penanaman rasa saling tolong menolong dalam menanggulangi risiko keuangan akibat suatu musibah diantara peserta.

Meskipun jauh lebih muda dibandingkan dengan Takaful Keluarga, akan tetapi Amanah Githa terus memaksimalkan pelayanan kepada nasabah demi mencapai kepuasan maksimal. Transparansi yang diterapkan diharapkan dapat menjadi kunci kepercayaan nasabahnya.

3. Asuransi AL AMIN

Asuran AL AMIN merupakan perusahaan asuransi jiwa murni syariah yang menaruh perhatian bagi perkembangan perasuransian di Indonesia khususnya perkembangan dan kebutuhan masyarakat untuk dapat bermuamalah berdasarkan syariah Islam.

Pemilihan nama Perusahaan didasarkan atas pertimbangan dan pengetahuan mengenai karakteristik industri perasuransian sebagai “bisnis kepercayaan”.Komitmen untuk memenuhi perjanjian perlindungan asuransi syariah kepada Peserta Yang Diasuransikan dan/atau Pemegang Polis telah menjadi filosofi untuk berpegang teguh kepada prinsip-prinsip syariah Islam dan prinsip-prinsp asuransi terutama prinsip utmost good faith. Dengan komitmen yang dilandasi oleh itikad baik untuk menjalankan fungsinya dan kegiatan usaha secara sehat sesuai dengan ketentuan yang berlaku telah menjadi konsep dasar yang melatar belakangi nama Perusahaan, yaitu “AL AMIN” yang berarti “Terpercaya”.

4. Asuransi Jasa Mitra Abadi

PT Asuransi Jasa Mitra Abadi Tbk, (JMA Syariah) adalah perusahaan asuransi jiwa syariah yang didirikan oleh KOSPIN JASA dan insan-insan pelaku ekonomi Koperasi Indonesia.
Tujuan didirikannya PT Asuransi Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi Tbk, (JMA Syariah) adalah untuk mengajak dan melayani masyarakat dalam mengelola keuangannya melalui kegiatan ekonomi syariah.

Baca Juga  Penghargaan Good Corporate Governance

PT Asuransi Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi Tbk, (JMA Syariah) berdiri pada tanggal 15 Agustus 2014 dengan akta No 22 dari Notaris dan telah mendapatkan pengesahan beserta akta perubahan terakhir dengan no 102 pada 26 Juni 2015.

5. Capital Life Syariah

PT Capital Life Syariah adalah bagian dari Capital Financial Group dan sister company PT Bank Capital Indonesia Tbk. Grup perusahaan nasional ini fokus di industri jasa keuangan yang terintegrasi. PT Capital Life Syariah telah memiliki ijin operasional dari ojk dengan Nomor KEP-18/D.05/2017.

PT Capital Life Syariah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia (OJK).

6. Asuransi Bumiputera

PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera bermula dari Unit Usaha Syariah (UUS) Asuransi Jiwa Bersama Bumi putera 1912 yang mulai dibentuk pada tahun 2002. Sejalan dengan pertumbuhan bisnis dan guna semakin meningkatkan layanan kepada masyarakat. UUS AJB Bumiputera 1912 menjadi entitas bisnis yang berdiri sendiri sebagai PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera.

PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera resmi beroperasi(Spin Off) pada tanggal 5 September 2016 setelah mendapatkan izin usaha di bidang asuransi jiwa dengan prinsip syariah dari Otoritas Jasa Keuangan(OJK) dengan Nomor KEP74/D.05/2016.

7. ASYKI

PT Asuransi Syariah Keluarga Indonesia adalah salah satu penyedia asuransi syariah di Indonesia. Produk yang ditawarkan di antaranya asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi mikro. Selain itu perusahaan juga memiliki asuransi jiwa kredit bernama Muawanah Pembiayaan.

Didirikan tahun 2014, perusahaan ini ditengarai oleh para praktisi ekonomi dan keuangan mikro syariah.

Leave a Reply