Daftar Universitas Terbaik Indonesia 2020 versi UniRank

By August 27, 2020 Eksternal News, Keuangan
Daftar Universitas Terbaik

1. Universitas Gadjah Mada

Dalam daftar universitas terbaik di Indonesia 2020 versi UniRank ada Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. UGM menempati peringkat pertama dari 573 institusi pendidikan tinggi di Peringkat Universitas Indonesia 2020, daftar tahunan telah dikeluarkan oleh direktori pendidikan tinggi internasional dan mesin pencari uniRank.

Sebelumnya dikenal sebagai 4 Sekolah Tinggi dan Universitas Internasional (4ICU), uniRank mendaftarkan universitas berdasarkan tiga kriteria. Diantaranya adalah diakreditasi oleh organisasi terkait pendidikan tinggi, menawarkan setidaknya gelar sarjana empat tahun atau gelar pascasarjana, dan menyediakan sebagian besar Program Studi di format tatap muka.

Di belakang UGM menyusul Universitas Indonesia (UI) yang berlokasi di Depok, Jawa Barat dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Bandung, Jawa Barat yang ada di posisi kedua dan ketiga. Langsung saja simak daftar universitas terbaik di Indonesia 2020 versi UniRank lainnya di bawah ini.

2. Universitas Indonesia

UI atau Universitas Indonesia menempati posisi kedua dalam daftar universitas terbaik di Indonesia 2020 versi UniRank. Kampus ini sudah berdiri sejak tahun 1950. Universitas Indonesia (Universitas Indonesia) terletak di kawasan perkotaan kota besar Depok, Jawa Barat.

UI sudah terakreditasi secara resmi dan / atau diakui oleh Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional, Republik Indonesia (Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional Republik Indonesia). UI juga menjadi salah satu kampus di Indonesia yang terbilang tinggi peminat. Mungkin kamu salah satu yang berminat untuk masuk UI?

Baca Juga  Asuransi syariah di RI kian bergairah

3. Universitas Pendidikan Indonesia

Daftar berikutnya dari universitas terbaik di Indonesia 2020 versi UniRank ada UPI atau Universitas Pendidikan Indonesia. UPI merupakan Perguruan Tinggi yang menganut sistem multi kampus. Maksudnya UPI memiliki 6 kampus yang tersebar di dua provinsi yaitu Jawa Barat dan Banten.

Kampus utama UPI berlokasi di Jalan Setiabudhi 229, Bandung. Sedangkan kampus lainnya berlokasi di Cibiru, Tasikmalaya, Sumedang, Purwakarta, dan Serang. Universitas Pendidikan Indonesia didirikan pada tanggal 20 Oktober 1954 di Bandung, diresmikan oleh Menteri Pendidikan Pengajaran Mr. Muhammad Yamin.

Kampus ini semula bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG), dan didirikan dengan latar belakang sejarah pertumbuhan bangsa, yang menyadari bahwa upaya mendidik dan mencerdaskan bangsa merupakan bagian penting dalam mengisi kemerdekaan.

4. Universitas Diponegoro

Daftar berikutnya dari daftar universitas terbaik di Indonesia 2020 versi UniRank adalah Universitas Diponegoro. Pada 1957 ditetapkan sebagai tahun berdirinya Undip. Hal tersebut dengan memperhatikan realitas sejarah bahwa Universitas Semarang sebagai universitas swasta – yang berdiri tahun 1957 merupakan embrio Universitas Diponegoro.

Penetapan Dies Natalis Undip tanggal 15 Oktober 1957 telah dinyatakan dalam laporan Rektor pada Dies Natalis Undip yang ke 13. Perjalanan panjang Undip juga telah menghantarkan universitas ini menjadi salah satu perguruan tinggi nasional yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing bangsa melalui alumni yang dihasilkannya dan karya-karya intelektual lain dalam bidang riset dan pemikiran.

Baca Juga  Indonesia Insurance Award 2014

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1961, Universitas Diponegoro (Undip) adalah Perguruan Tinggi Negeri yang berkedudukan di Semarang, Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah.

5. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya menjadi salah satu dari daftar universitas terbaik di Indonesia 2020 versi UniRank. Kampus ini berkedudukan di Kota Malang, Jawa Timur, didirikan pada tanggal 5 Januari 1963 dengan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Nomor 1 Tahun 1963, dan kemudian dikukuhkan dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 196 Tahun 1963 tepatnya pada 23 September 1963.

Pada awalnya kampus ini berstatus swasta. Dengan embrio sejak tahun 1957, yaitu berupa Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi yang merupakan cabang Universitas Swasta Sawerigading, Makassar. Kedua fakultas itu perkembangannya nampak kurang menggembirakan, sehingga di kalangan mahasiswa timbul keresahan.

Beberapa orang dan tokoh mahasiswa yang menyadari hal ini kemudian mengadakan pendekatan-pendekatan kepada para pemuka masyarakat. Hingga pada akhirnya, pada suatu pertemuan yang mereka lakukan di Balai Kota Malang pada tanggal 10 Mei 1957, tercetus gagasan untuk mendirikan sebuah Universitas kotapraja (Gemeentelijke Universiteit) yang diharapkan lebih dapat menjamin masa depan para mahasiswa.

Rencanakan Pendidikan Anak Anda Bersama Amanah Githa, Daftar Disini

Leave a Reply