Keutamaan dan Manfaat Wakaf

By July 23, 2020 Keuangan
Keutamaan dan Manfaat Wakaf

JIKA berbicara tentang wakaf, maka yang biasanya terbayang adalah memberikan sedekah kepada kaum dhuafa atau anak yatim. Padahal, wakaf jauh lebih luas daripada hal tersebut.

Wakaf dapat bermanfaat tidak hanya bagi kaum dhuafa atau anak yatim, tapi spektrumnya untuk semua golongan ekonomi. Tidak salah, jika wakaf yang manfaatnya tidak terbatas disebut sebagai sarana ekonomi untuk pembangunan umat.

Manfaat wakaf akan dirasakan oleh orang yang berwakaf, yang mengelola wakaf dan menerima wakaf.

Kemudian, manfaat tersebut tidak hanya didapatkan ketika masih hidup namun akan terus mengalir meskipun orang yang berwakaf tersebut telah meninggal. Dan, ini merupakan manfaat wakaf yang bersifat terus menerus, karena harta yang diwakafkan tidak boleh habis/ dijual.

Kemudian, wakaf bermanfaat bagi si pewakaf/ wakif dalam kehidupan dunia dan akhirat.

Makanya, tidak mengherankan lagi sejak zaman Rasulullah, wakaf telah menjadi kegemaran para sahabat. Bahkan, dalam riwayat disebutkan jika seorang sahabat Rasulullah memiliki harta, pasti yang ia lakukan dengan harta itu untuk mewakafkannya, jadi berwakaf dapat bermanfaat didunia dan diakhirat.

Baca Juga  Imbal Hasil Investasi Asuransi Jiwa Melonjak

Berikut 5 Manfaat Wakaf:

1. Menimbulkan jiwa sosial yang tinggi.

Wakaf seperti manfaat sedekah yang bisa menjadi salah satu sarana untuk melatih jiwa sosial sehingga yang memiliki harta benda lebih banyak bisa memberikan kepada yang kaum yang tidak mampu.

2. Membantu orang lain yang mendapatkan kesulitan.

Manfaat wakaf yang diberikan kepada seseorang yang memiliki kesulitan, misalnya berupa manfaat tanah yang diberikan untuk orang yang kesulitan dan keadaan yang payah sehingga tidak memiliki tempat tinggal.

3. Membuat seseorang menjadi sadar bahwa semua harta benda yang dimiliki bersifat tidak kekal.

Manfaat agama dalam kehidupan manusia dalam ini, berhubungan dengan harta yang kita miliki juga harus dibagi dengan orang lain atau ada sebagian hak orang lain dalam harta kita.

4. Wakaf berhubungan bahwa untuk mendapatkan kehidupan akherat yang kekal bisa diselamatkan dari kehidupan saat masih ada di dunia. Manfaat wakaf bisa menjadi bekal untuk mendapatkan kehidupan akherat yang lebih baik.

Baca Juga  Bersyukur Menjadi Perusahaan Asuransi Jiwa Syariah Terbaik

5. Amalan wakaf yang tidak terputus meskipun sudah meninggal dunia menjadi salah satu sarana amalan yang bisa membuat manusia selamat di dunia dan akherat.

Membuat seseorang menjadi sadar bahwa semua harta benda yang dimiliki bersifat tidak kekal. Manfaat agama dalam kehidupan manusia dalam ini, berhubungan dengan harta yang kita miliki juga harus dibagi dengan orang lain atau ada sebagian hak orang lain dalam harta kita.

Wakaf berhubungan bahwa untuk mendapatkan kehidupan akherat yang kekal bisa diselamatkan dari kehidupan saat masih ada di dunia.

Manfaat wakaf bisa menjadi bekal untuk mendapatkan kehidupan akherat yang lebih baik. Amalan wakaf yang tidak terputus meskipun sudah meninggal dunia menjadi salah satu sarana amalan yang bisa membuat manusia selamat di dunia dan akherat.

Ingin mendapatkan pahala yang tak terputus?

Klik Link

Leave a Reply