Skip to main content

Pada hari kamis, 15 Desember 2011, secara resmi berdiri anak perusahaan Dana Pensiun Perhutani yang di beri nama PT Asuransi Jiwa Syariah Amanahjiwa Giri Artha (PT. AJS Amanah Githa) yang bergerak dalam bidang asuransi jiwa, didirikan berdasarkan akta pendirian Notaris Dewantari Handayani, MPA  No 8 tanggal 15 Desember 2011. Modal di setor perseroan sebesar Rp 80 Milyar dengan dana Pensiun Perhutani sebagai pemegang saham mayoritas sebesar Rp 76 Milyar (95%) dan PT. Arga Bangun Bangsa sebagai pemilik saham minoritas sebesar Rp 4 Milyar (5%).

 Latar belakang Pendirian Anak Perusahaan

        latar belakang dan tujuan didirikannya perusahaan untuk meningkatkan penghasilan Dana Pensiun Perhutani serta mengurangi tingkat Volatilitas di pasar modal yang sangat berpengaruh terhadap nilai portofolio maupun hasil investasi, sekaligus menangkap pangsa pasar (captive market) yang ada pada Perum Perhutani maupun PT. Arga Bangun Bangsa. Pangsa pasar dimaksudkan antara lain :

  1. Perhutani sebagai BUMN yang mengelola 2,4 juta ha hutan, memiliki 24.000 karyawan.
  2. Perhutani memiliki lebih dari 122 lokasi pariwisata Pulau Jawa .
  3. Mengikutsertakan karyawan Perum Perhutani pada unit DPLK PT. AJS Amanahjiwa Giri Artha.
  4. ESQ memiliki kekuatan alumni dan jaringan yang luas.
Baca Juga  Pembayaran Santunan Klaim kepada Korban Pendakian Gunung Rinjani

Pemilihan jenis asuransi syariah berlatar belakang dari perkembangan kinerja perusahaan asuransi syariah di Indonesia. Dari sector industri keuangan yang cukup berkembang adalah asuransi syariah, total asset asuransi syariah meningkat 38% dari Rp 5 triliun pada tahun 2009 menjadi Rp 6,9 triliun pada 2010. Dibandingkan dengan pangsa pasar pada tahun 2009 sebesar 4,3% meningkat menjadi 4,7% per Desember tahun 2010. Dari sisi penambahan premi diperkirankan pertumbuhan asuransi syariah akan terus meningkat hingga 50% pada tahun 2011. Penduduk Indonesia mayoritas muslim, berdasarkan hasil riset prudential, terdapat 4 juta calon pemegang polis potensial yang menginnginkan Polis Syariah namun belum terealisasikan. Dengan demikian peluang pasar masih terbuka luas.

Baca Juga  Kunjungan Jajaran Direksi Amanah Githa ke Kantor Harian Republika

Proses Penandatanganan Akta Pendirian.

Acara peresmian tersebut di hadiri oleh Dewan Pengawas Dana Pensiun Perhutani, Direksi Dana Pensiun Perhutani dan wakil PT. Arga Bangun Bangsa. Diawali dengan pembacaan akta pendirian oleh notaris Dewantari Handayani, MPA, dilanjutkan dengan penandatanganan akta pendirian oleh Bapak DR. Djoko Wijanto, MM, selaku Direktur Utama Dana Pensiun Perhutani dan Bapak Ary Ginanjjar Agustian selaku Direktur Utama Arga Bangun Bangsa. Telah diangkat pula Dewan Direksi yakni Azwir Arifin, MSc (Direktur Utama) dan Finaldi .S.K.Hasnam (Direktur), dan Dewan Komisaris: Damami Abrori, Ary Ginanjar Agustian dan M. Syafii Antonio, serta Dewan Pengawas Syariah adalah Drs. Slamet Effendi Yusuf dan Amin Musa.

Leave a Reply