Tips Rencanakan Liburan di Tengah Pandemi

By July 16, 2020 Wisata
Liburan Asyik

Ditahun-tahun sebelumnya mungkin dalam satu tahun kita sudah berlibur 4 s.d 5 kali. Namun tahun 2020 ini sepertinya tidak memihak buat pecinta liburan.

Pasalnya pandemi covid-19 memaksa wisata harus ditutup. Begitu pula dengan penyedia jasa perjalanan wisata.
Dalam rangka menumbuhkan kembali roda perekonomian masyarakat, pemerintah telah memberikan ijin untuk dibuka kembali lokasi-lokasi wisata yang sebelumnya ditutup.

Kabar baik bukan?

Lantas kira-kira apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum liburan di masa pandemi ini?

Untuk teman-teman yang sudah berangan-angan untuk membuat rencana perjalanan liburan dalam tatanan new normal, Tidak perlu ragu untuk membuat rencana liburan, walaupun sedang berhadapan dengan new normal. Berikut ini beberapa kumpulan tips yang bisa teman-teman lakukan.

Mempertimbangkan yang Kamu Inginkan
Pada saat mulai merencanakan untuk pelesir, ada baiknya kamu untuk mempertimbangkan hal apa saja yang diinginkan dari perjalanan nanti. Pandemi virus corona ini bisa jadi merupakan masa jeda untuk industri perjalanan dan wisatawan agar melakukan pengaturan ulang.Karena itu, evaluasi dari pengelamanmu yang paling berarti, berkesan atau mungkin mengecewakan.

Disarankan juga, ketika perjalanan liburan mulai dibuka kembali, pergilah menuju tempat yang benar-benar baru. Karena saat liburan nanti, kamu akan mengukir kisah dan pengalaman baru.

Baca Juga  5 Tempat Wisata di Indonesia yang Mendunia

Mencari Referensi Ide Liburan Melalui Website Travel
Terdapat beberapa website travel populer diantaranya seperti Hopper, Kayak dan Skyscanner yang memberikan informasi mengenai penerbangan paling murah di daerah kamu tinggal. Karena itu, sebelumnya kamu dapat mencari referensi ide liburan terlebih dahulu melalui internet. Melansir The Washington Post, kamu melakukan ini pun bisa untuk melihat ulasan mengenai destinasi pelesir.

Kamu bisa mendaftar akun Scott’s Cheap Flights untuk mendapatkan informasi terkait penerbangan murah di destinasi-destinasi internasional.

Lakukan Riset
Sehabis kamu mengantongi beberapa daftar tempat yang akan menjadi bucketlist pelesir, baiknya simpanlah terlebih dahulu ke dalam Google Maps. Tandai dengan bintang untuk tempat-tempat tersebut dan juga buat daftar berdasarkan lokasi spesifik agar menjadi lebih tertata atau rapi.Unduh peta digital seperti Google Map ketika mendekati jadwal keberangkatan. Hal tersebut perlu dilakukan agar nanti bisa diakses tanpa jaringan internet.

Kamu pun bisa menggunakan cara lain misalnya memanfaatkan aplikasi boards di Pinterest, peta di TripScout atau mungkin dengan menggunakan Google Doc.

Baca Juga  Jenis-Jenis Wisata Berdasarkan Tujuan Wisatanya

Selain itu pastikan tempat liburan yang akan dikunjungi jauh dari pusat penyebaran covid-19 agar jauh dari paparan.

Menggali Lebih Jauh Terkait Destinasi Tujuan
Selain melalui tontonan film dan membaca buku terkait destinasi pelesir kamu, sangat disarankan juga agar kamu juga mengetahui kebudayaan dan sejarahnya. Kamu bisa mengikuti akun media sosial tokoh-tokoh lokal di sana, misalnya seperti chef, seniman, ataupun wartawan untuk mendapati informasi menarik lainnya yang tidak tertulis. Dengan mencoba melakukan riset untuk sekedar menggali informasi terkait destinasi tujuan bisa membuat kamu menikmati pengalaman ketika merencanakan pelesir.

Manfaatkan Sebagai Bentuk Terapi Pikiran
Selama terjadinya pandemi virus corona ini tentunya bisa menimbulkan setidaknya dua krisis biologis, yaitu merebaknya penyebaran virus corona dan faktor yang bersifat psikologis. Sudah sangat umum hal yang berimbas dari dampak pandemi ini misalnya seperti rasa cemas, ketidakpastian ekonomi, sampai keadaan isolasi sosial. Kegiatan perencanaan liburan bisa mengalihkan kamu dari masalah tersebut. Setidaknya kamu kini memiliki suatu hal yang dinantikan.

Leave a Reply