Asuransi Untuk Generasi Z, Perlukah?

By October 19, 2020 Kesehatan, Keuangan
Asuransi Generasi Z

Generasi Z adalah sebutan untuk mereka yang lahir di antara tahun 1996-2015. Artinya, sudah banyak dari generasi Z atau gen z sudah memasuki usia produktif. Dimana mereka sudah mulai bekerja dan berpenghasilan tetap atau bahkan sudah memiliki bisnis/usaha sendiri.

Nah bicara soal asuransi, para gen z yang sudah berpenghasilan dan melek produk keuangan pasti sudah tahu dong betapa penting dan bermanfaatnya punya asuransi. Intinya, dengan memiliki asuransi kamu yang tepat dan sesuai kebutuhan, kamu tidak hanya bisa melindungi masa depan keuanganmu tapi juga keluargamu nanti

Berikut jenis-jenis produk asuransi yang sudah cocok dan tips memilihnya khusus buat gen z agar tak salah pilih:

1. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah salah satu jenis asuransi yang menjadi pilihan bagi kebanyakan orang terutama bagi mereka yang memiliki tanggungan.
Jadi bagi kamu yang sudah menjadi kepala keluarga atau sudah ikut menafkahi keluarga, penting sekali untuk memiliki asuransi jiwa demi melindungi keluarga kamu dari ancaman kerugian finansial jika terjadi hal buruk menimpa kamu.

Dengan menjadi peserta asuransi jiwa kamu juga menjadi lebih nyaman dan aman dalam menjalani kehidupan karena kamu dan keluarga terlindungi dari akibat risiko finansial yang bisa kapan saja terjadi.

Baca Juga  Bazar Keuangan Syariah di Padang

2. Asuransi Unit Link

Asuransi unit link adalah produk asuransi jiwa sekaligus investasi. Dengan membeli produk asuransi unit link, kamu bisa mendapatkan perlindungan jiwa dan kesehatan juga secara otomatis memiliki aset investasi di produk tersebut.

Dengan asuransi unit link, kamu bisa mencairkan dana investasi mu dan keuntungannya baik 5 – 10 tahun kedepan. Tapi ingat, kamu juga harus paham adanya risiko dalam setiap investasi. Jadi pahami dulu dengan baik sebelum ambil produk asuransi berbalut investasi ini ya.

3. Asuransi Perjalanan

Jika kamu adalah salah satu dari sekian banyak generasi z yang punya hobi jalan-jalan. Maka memiliki produk asuransi perjalanan hukumnya adalah wajib. Asuransi perjalanan melindungi kamu dari berbagai hal yang mengancam dan merugikan ketika berlibur nanti.

Dengan memiliki asuransi perjalanan, liburan keluar kota atau luar negeri akan menjadi lebih aman dan nyaman karena berbagai risiko ketika liburan nanti bisa ditanggung oleh pihak asuransi.

Baca Juga  Prospek Asuransi Tahun Depan Cerah

4. Asuransi Kesehatan

Memang saat ini di Indonesia memiliki BPJS Kesehatan merupakan kewajiban untuk setiap orang. Dari yang baru lahir sampai yang sudah punya cicit semua terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Tapi, apakah BPJS Kesehatan saja sudah cukup?

Jawabannya tidak. Karena ada beberapa penyakit dan kondisi kesehatan yang penanganannya akan lebih cepat dan murah juga lebih baik jika menggunakan asuransi kesehatan. Selain itu, ada beberapa asuransi kesehatan sekarang memiliki sistem reimbursement yang tetap bisa diklaim ketika kamu melakukan rawat inap atau rawat jalan walaupun biayanya ditanggung oleh BPJS Kesehatan

5. Asuransi Covid-19

Dimusim pandemi seperti ini perusahaan asuransi telah banyak mengeluarkan produk asuransi covid-19 untuk memberikan proteksi dari kerugian finansial yang dialami apabila tertanggung terdiagnosis atau meninggal karena covid-19 dan penyakit lainnya.
Asuransi baru ini tentu saja sangatlah penting untuk kamu yang masih harus bekerja keluar rumah dimasa pandemi dimana risiko tertular virus sangatlah tinggi.

Dengan memiliki asuransi ini kamu apabila kamu tertular covid-19, kamu bisa melindungi finansial pribadi dan keluarga.

Leave a Reply