Skip to main content
Eksternal NewsKeuangan

Inklusi Keuangan Dorong Asuransi

By December 3, 2012October 24th, 2018No Comments

Program inklusi keuangan atau keluasan mengakses sektor keuangan bagi seluruh masyarakatseharusnya ikut mendorong tumbuhnya industri asuransi nasional. Respon industri asuransiterkait program inklusi keuangan secara timbal balik menentukan keberhasilan program itu.Ketua Dewan Asuransi Indonesia Kornelius Simanjuntak mengatakan, inklusi keuangan harusterefleksikan dalam industri asuransi, dimana edukasi yang terus menerus menuju pemahamanyang lebih baik akan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi.Hari Asuransi diperingati setiap tanggal 18 Oktober 2012 sejak tahun 2006.

Tahun ini tema yangdipilih adalah Asuransi untuk Semua. Kornelius menegaskan, tema tersebut bisa diwujudkanmelalui kerja sama seluruh pemangku kepentingan, yaitu industri asuransi, pemerintah, institusipendidikan dan masyarakat.Inklusi keuangan adalah kemampuan individu untuk mengakses produk dan jasa keuangan. Jasakeuangan yang dimaksud antara lain tabungan, kredit dan asuransi.

Baca Juga  Tips Menabung Seminggu Sekali, Agar Konsisten

Progam ini mulai diluncurkanpada 29 Desember 2010. Program ini bertujuan memperluas akses masyarakat terhadap jasakeuangan.Ketua Panitia Insurance Day 2012 Nelly Husnayati menyatakan, adalah tugas bersama antarapara pelaku industri asuransi dan regulator untuk menumbuhkan industri itu berkelanjutan.Penetrasi asuransi masih sangat rendah.

Baca Juga  Kondisi perbankan Indonesia saat ini

Kontribusi asuransi terhadap produk domestik brutomasih dibawah dua persen, sementara dilihat dari jumlah pemegang polis asuransi jiwa individuterhadap jumlah penduduk angka penetrasinya baru sebesar 4 persen.Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan AJB Bumiputera 1912 Ediani Nugrohowatimenyatakan, peringatan hari asuransi dimaknai dengan gerakan nyata menyadarkanmasyarakan untuk berasuransi.Agen Bumiputera yang baru-baru ini dinobatkan sebagai Agen of The Year, Nadia Alkaftmengaku merasakan manfaat tersebut baik secara internal maupun eksternal. Awalnya Nadiadiajak dan dibimbing supervisornya Fauzi Anwar menjadi agen di perusahaan.

Leave a Reply