Tips Aman Berkendara Menggunakan Sepeda Motor

By August 6, 2020 Kesehatan, Keuangan
Aman Berkendara

Keselamatan dalam berkendara adalah fokus utama bagi pengguna sepeda motor. Sebenarnya baik itu pengguna sepeda motor, pengguna mobil, truk, dan moda transportasi lainnya harus fokus pada keselamatan dalam berkendara. Agar jangan sampai terjadi kecelakaan yang melibatkan jenis kendaraan mobil, motor, dan kendaraan lainnya.

Ada baiknya sebagai pengendara motor harus tetap konsisten untuk mengurangi angka kecelakaan motor yang terjadi. Nah, bagi Anda pengguna sepeda motor, tips berikut ini akan dibahas agar bisa meningkatkan keamanan dalam berkendara di jalan raya. Simak tipsnya dibawah ini.

1. Perawatan Sepeda Motor Agar Lebih Aman

Jika Anda setiap harinya menggunakan moda transportasi sepeda motor, maka sudah seharusnya Anda merawat sepeda motor Anda agar tetap awet. Pentingnya merawat sepeda motor agar kinerja sepeda motor menjadi lebih maksimal dalam berkendara. Jika maksimal, maka Anda yang mengendarainya juga nyaman.

Perawatan sepeda motor bisa dilakukan mulai dari hal terkecil, seperti membersihkan atau mencucinya, melakukan pengecekan secara berkala, melakukan servis rutin, dicek juga kondisi sistem kelistrikan yang berhubungan dengan lampu, sistem pengereman, dan juga sistem lainnya yang mendukung keamanan berkendara.

2. Tetap Gunakan Safety Gear

Gunakan perlengkapan berkendara seperti helm, jaket, dan sepatu saat berkendara agar Anda lebih aman dalam berkendara sehari-hari. Selain untuk keamanan dan kenyamanan dalam berkendara, Safety Gear juga menjadi fashion biker. Selain itu, jangan lupa juga untuk persiapkan perlengkapan dan surat – surat kendaraan bermotor, kalau perlu cek terlebih dahulu sebelum Anda keluar menggunakan sepeda motor.

Baca Juga  Penghargaan Good Corporate Governance

3. Berkendara Aman dan Sewajarnya

Berkendara di jalan raya tentu harus berhati-hati. Jangan sampai karena ingin cepat sampai tujuan maka Anda gas motor dengan kecepatan tinggi. Tetap fokus terhadap safety riding, tetap harus menjaga kecepatan berkendara pada posisi aman.

Dengan menjaga kecepatan dalam berkendara maka kita bisa menyelamatkan diri sendiri serta pengguna jalan lain. Jadi berkendaralah dengan sewajarnya, dengan batas kecepatan yang aman, dan dengan mentaati segala peraturan lalu lintas yang ada.

4. Prioritaskan Pejalan Kaki

Di jalan – jalan perkotaan kita sering menemui banyak pejalan kaki, pedagang dengan gerobak dan sebagainya. Sebisa mungkin di jalan kita jangan pernah egois, prioritaskan para pejalan kaki yang menyebrang, berikan mereka jalan agar bisa menyebrang dengan selamat. Dengan begitu semuanya menjadi aman terkendali. Keamanan berkendara aman tercapai, dan juga kita juga merasa puas sudah menerapkan safety riding, atau menjadi pengendara sepeda motor yang baik.

Baca Juga  Pungutan OJK Lebih Murah dari Premi LPS

5. Cari Beberapa Jalan Alternatif Untuk Menghindari Kemacetan

Tentunya kita akan merasa malas jika sudah menghadapi kemacetan. Seperti pada jam pagi disaat banyak orang yang pergi kerja dan sore hari saat orang pulang kerja. Jangan sampai karena macet, Anda menjadi emosi dan akhirnya mood Anda hancur seketika di jalan.

Nah, salah satu menghindari kemacetan adalah dengan mencari jalan alternatif sebagai solusi untuk menghindari kemacetan. Sebisa mungkin mencari jalan alternatif yang bisa menghindari jalan raya besar yang sedang macet. Dengan begitu Anda akan merasa lebih tenang jika jalanan yang Anda lalui tidak macet. Anda juga bisa mempersingkat waktu Anda, karena akan cepat sampai di tujuan.

Agar tetap aman dan nyaman pastikan anda memiliki asuransi kecelakaan diri. Meskipun kita tidak pernah menginginkan kecelakaan itu terjadi, akan tetapi antisipasi itu lebih penting.
Daftar segera asuransi perjalanan anda di Amanah Githa.

 

 

Referensi: https://www.astramotor.co.id

Aman Berkendara

Aman Berkendara

Aman Berkendara

Leave a Reply